Rabu, 17 October 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Kunjungan ke Luwu Utara, Ini Pesan Dewan Pertimbangan Presiden pada Petani Kakao

Kunjungan ke Luwu Utara, Ini Pesan Dewan Pertimbangan Presiden pada Petani Kakao Kunjungan Wantimpres beserta rombongan di Kampung Kakao Desa Batu Alang, Kec Sabbang Luwu Utara

Luwu Utara, -- Kakao merupakan komoditi unggulan di Kabupaten Luwu Utara. Luas areal kakao pada tahun 2017 yakni 39.410,27 Ha dengan produksi 26.274,91 ton dan melibatkan petani 28.020 KK.

Pada beberapa kesempatan, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani katakan komoditi kakao meningkatkan devisa bagi daerah juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Menurutnya, kakao merupakan jati diri Luwu Utara yang harus dijaga dan dikembangkan.

Pemkab Luwu Utara dalam hal ini berupaya mengembangkan dan meningkatkan produksi dan produktivitas melalui Kampung Kakao dengan pemberdayaan masyarakat.

Hari ini Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jan Darmadi dan Dirjen Perkebunan, Bambang bersama Anggota DPR RI Komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Kampung Kakao tersebut, di Desa Batu Alang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara, Selasa (10/7).

Dari kunjungan tersebut, Jan Darmadi berharap agar para petani mampu meningkatkan nilai tambah kakao dengan tidak berfokus pada jual beli biji kakao saja.

"Baru kali ini, baru di Luwu Utara Wantimpres diboyong ke daerah. Ini merupakan bentuk kepedulian, Pak Presiden juga menitip salam untuk masyarakat Luwu Utara. Saya juga berharap masyarakat mampu mengolah hasil panen untuk meningkatkan nilai jual kakao," tuturnya.

Pada kunjungan itu, Jan Darmadi bersama rombongan juga berdialog terkait kakao bersama petani.

"Kami berharap kedatangan Wantimpres  mampu lebih meningkatkan produksi kakao," kata Mustami warga Desa Batu Alang. (Rn/Kominfo)