Rabu, 19 September 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Begini Strategi Pemkab Luwu Utara Tekan Angka Pengangguran

Begini Strategi Pemkab Luwu Utara Tekan Angka Pengangguran Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menyematkan tanda peserta pelatihan berbasis kompetensi

Luwu Utara, --  Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani membuka secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap III Tahun 2018 di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Luwu Utara Kecamatan Tanalili, Selasa (15/5).

Sebelumnya, Indah Putri juga menutup Pelatihan Tahap I yang diikuti 112 orang untuk 4 kejuruan masing-masing menjahit 6 paket, mebel 8 paket, tatarias 8 paket, dan mekanik 8 paket.

"Tahap III peserta 83 orang untuk 3 kejuruan. Tujuan dari kegiatan ini  untuk memberikan keterampilan, sikap kepada calon tenaga kerja sehingga mampu bersaing di dunia industri," kata Kepala UPTD BLK Luwu Utara, Marsumar selaku Panitia.

Senada, Indah Putri Indriani katakan setelah mengikuti pelatihan dan lulus uji kompetensi, peserta diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan.

"Kita hadirkan BLK untuk meningkatkan kualitas SDM, makanya pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan di BLK sangat diperlukan guna membekali tenaga kerja memasuki dunia kerja dan meningkatkan kemampuan masyarakat yang membutuhkan berbagai keterampilan. Dengan begitu, ini juga merupakan salah satu strategi pemerintah untuk menekan angka pengangguran," paparnya.

Ia juga meminta kepada peserta agar tak menyia-nyiakan ilmu yang telah didapatkan.

"Tidak usah khawatir dan takut untuk bersaing, selalu percaya diri dengan apa yang telah kita pelajari, perjalanan kita masih panjang. Jangan pernah berhenti sampai disini," tutur Indah.

Sekadar diketahui, tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menganggarkan kurang lebih Rp. 2 Miliyar bagi wirausaha kelompok pemuda dan perempuan. (Rn/Kominfo)