Minggu, 25 February 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Bimtek Tingkat Provinsi, Bupati Indah Minta Operator Jadi Tulang Punggung Data

Bimtek Tingkat Provinsi, Bupati Indah Minta Operator Jadi Tulang Punggung Data Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

Luwu Utara, -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani membuka secara resmi Bimbingan Teknis  (Bimtek) Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Angkatan Pertama di Kabupaten Luwu Utara di Aula Hotel Remaja Masamba, Senin (12/2).

"Desa adalah bagian terkecil yang bisa dipotret bersama melalui penyusunan data profil desa dan kelurahan," kata Indah.

"Dari profil desa ini, kita bisa mengetahui karakter desa; data dasar keluarga, potensi SDA, potensi SDM, kelembagaan, sarana dan prasarana, dan informasi terkait dengan kemajuan dan permasalahan yang ada di desa," lanjutnya.

Untuk itu, Indah meminta agar operator menjadi tulang punggung penyediaan data dan update data profil desa.

"Operator yang telah mengikuti pelatihan dan telah paham tidak boleh diganti-ganti untuk memaksimalkan kinerja dan updating data," tegas Indah.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulsel, Rais Rahman katakan bimtek ini dilakukan guna meningkatkan kompetensi aparatur desa utamanya kelompok kerja (pokja) dalam mengelola dan mengembangkan potensi desa dalam bentuk profil desa.

Untuk diketahui, bimtek ini diikuti oleh 40 orang operator dari desa dan kelurahan dari Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu. (Rn/Kominfo)