Selasa, 19 June 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Diskominfo Luwu Utara Bakal Bentuk Forum Wali Data

Diskominfo Luwu Utara Bakal Bentuk Forum Wali Data Kadis Kominfo Arief R. Palallo saat menerima penghargaan keterbukaan informasi publik di Makassar baru-baru ini

Masamba --- Setelah dinyatakan terbaik di Sulawesi Selatan dalam hal keterbukaan informasi publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Luwu Utara kembali melakukan langkah-langkah penyempurnaan untuk mengatur lalu lintas data di lingkup pemerintah daerah. Salah satu yang bakal dilakukan adalah membentuk sebuah forum yang dinamakan Forum Wali Data.

“Insya Allah, dalam waktu dekat, selain membentuk PPID di desa/kelurahan, kita juga akan membentuk yang namanya Forum Wali Data. Tujuannya adalah dalam rangka sinkronisasi data sektoral guna mewujudkan Luwu Utara Satu Data,” ungkap Kepala Dinas Kominfo, Arief R. Palallo, Minggu (14/1), di Masamba.

Arief menjelaskan, pembentukan forum wali data sangat urgen dalam rangka melaksanakan pembangunan yang berbasis data. Apalagi kata Arief, Bupati Luwu Utara berkali-kali menegaskan agar seluruh aparatur pemerintah bekerja based on data. “Basis perencanaan pembangunan yang benar itu berdasarkan data. Untuk itu, kami sangat fokus pada forum ini dulu,” terang Arief.

Masih menurut Arief, Wali Data adalah para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dijabat para Sekretaris SKPD itu sendiri. PPID SKPD ini nantinya akan mengkoordinasikan dengan PPID Utama yang dijabat Kadis Kominfo dalam mengatur lalu lintas data pemerintah daerah.

“Jika datanya sudah valid dan dapat dipertanggungjawabkan, barulah kita serahkan ke BPS untuk dipublish dalam bentuk dokumen kabupaten dalam angka dan kecamatan dalam angka. Jadi, seluruh data sektoral ini harus keluar satu pintu melalui pintu PPID Utama sebelum kita serahkan ke BPS,” pungkasnya. (LH)