Jumat, 15 December 2017
  • (0473) 21001
  • info@luwuutarakab.go.id

KPK Pantau Komitmen Luwu Utara Cegah Korupsi

KPK Pantau Komitmen Luwu Utara Cegah Korupsi Konsolidasi eksekutif legislatif dalam rangka rencana aksi pemberantasan korupsi terintegrasi

Masamba, -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menerima kunjungan Tim Deputi III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Pencegahan, Heri Nuruddin dan Dwi Aprilia Linda di Kantor Bupati Luwu Utara, Rabu (6/12).


Kedatangan Tim KPK tersebut guna memastikan implementasi komitmen pencegahan korupsi yang disepakati antara Pemerintah Daerah (pemda), DPRD, dan KPK beberapa waktu lalu.

"Hari ini tim KPK, pemda, dan DPRD konsolidasi eksekutif legislatif dalam rangka rencana aksi pemberantasan korupsi terintegrasi," ujar Indah.

Kegiatan ini, kata Indah merupakan bagian dari dua kegiatan yang terlebih dahulu dilaksanakan dan hari ini tim KPK terjun langsung untuk memastikan sejauh mana komitmen  pemda dan DPRD  telah dilaksanakan. 

"Untuk itu komunikasi dan koordinasi menjadi sangat penting demi perkembangan daerah. Dan yang paling penting adalah setiap kebijakan yang diambil dan arah pembangunan dirasakan langsung oleh masyarakat," terangnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Heri Nuruddin menegaskan agar seluruh APBD harus dirasakan masyarakat.

"Ini harus dipastikan bahwa satu sen pun APBD digunakan untuk kesejahteraan masyarakat," tegas Heri.

Selain itu ia tegaskan untuk tidak melakukan praktek-praktek memperkaya diri sendiri hingga menimbulkan kerugian Negara.

"Termasuk gratifikasi, proyek jatah-jatahan, pemesanan proyek, penyuapan, serta pemerasan," sebutnya.

Menurut Heri, KPK mempunyai 5 fungsi/kewenangan yakni koordinasi, supervisi, monitoring, pencegahan, dan penindakan.

Ia berharap fungsi ke lima (penindakan) tidak terjadi di Luwu Utara. (Ant/RN/Kominfo)