Sabtu, 18 August 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Luwu Utara Siapkan 2 Ha Lahan Bangunan Rumah Adat Masamba

Luwu Utara Siapkan 2 Ha Lahan Bangunan Rumah Adat Masamba Rapat Pembebasan Lahan

Masamba,- Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan akan menyediakan lahan yang digunakan sebagai lokasi pembangunan rumah adat Katomakakaan Masamba atau yang disebut dengan banua katokkoan.

Sesuai hasil kajian sementara, rencana lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut seluas 2 hektar, yang berlokasi di Lingkungan Sapek Kelurahan Bone, Kecamatan Masamba.

"Sesuai hasil kajian makro dan design, lahan yang rencananya dibebaskan seluas 2 ha" ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Abdul Mahfud, di Masamba, Rabu (22/08).

Rencananya, lanjut Mahfud, pembangunan Banua Katokkoan akan terintegrasi dengan penataan Sungai Masamba, sehingga lahan untuk penataan sungai juga harus disiapkan.

Sungai Masamba sendiri merupakan salah satu sungai besar yang membelah Kota kecil yang terkenal dengan kuliner kapurungnya ini.

Mahfud menyebutkan rencana pembebasan lahan untuk Banua Katokkoan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Lutra dalam mendukung dan melestarikan  cagar budaya yang ada.

" Ini salahsatu bentuk dukungan kita, pihak Katomakakaan Masamba juga akan dilibatkan dalam design siteplan dan bangunan,"  tandasnya. (Ant/RN/Kominfo)