Senin, 21 May 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Kajati Kawal Proyek Irigasi di Baliase

Kajati Kawal Proyek Irigasi di Baliase Kajati Sulsel

MASAMBA,- Pihak Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan akan turun tangan dan mengawal pelaksanaan pengadaan tanah pada mega proyek jaringan irigasi Baliase, Luwu Utara.

Selain proyek irigasi baliase, lima mega proyek lainnya juga akan di kawal, yakni Bendungan Nipa-Nipa di gowa, Bendungan Passe-Loreng di Wajo, Bay Pass maminasata, Middle Ring Road dan Elevated Ring Road. Pendampingan tersebut dilaksanakan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pengadaan tanah.

Kajati Sulsel, Jan Samuel Marinka menyebutkan Tim Pengaman Pengawal Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D) akan melakukan mediasi pembebasan lahan di proyek nasional tersebut.

"Kita juga akan melakukan kajian persoalan hukum status tanah yang terkena area pembebasan: katanya, Rabu (24/5) di Makassar.

Tim yang akan diturunkan, lanjutnya,  akan mengambil langkah preventif terhadap perilaku koruptif di proyek ini. Termasuk melakukan mediator jika terjadi permasalahan terkait kepemilikan lahan.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulsel, Hikmad Osman mengatakan, permintaan kepada Kejaksaan Tinggi adalah untuk mendampingi sejak awal proyek berlangsung hingga selesai pekerjaannya.

"Kami sudah kerja dilapangan, jangan sampai sementara kerja dan kena kasus hukum, kita tak mau seperti itu" tandasnya. (IKP/KOMINFO)