Senin, 21 May 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Berburu Binte "Hutan" di Luwu Utara

Berburu Binte Binte

Masamba, --- Selain terkenal dengan pesona alamnya, Luwu Utara juga dikenal kaya akan berbagai kuliner, salah satunya adalah Binte. Tidak hanya dirindukan, Binte menjadi salah satu kuliner yang dicari wisatawan saat berkunjung ke bumi lamaranginang ini.

Binte adalah sejenis kuliner menyerupai sup yang menggunakan bahan dasar jagung. Diketahui Luwu Utara terkenal sebagai salah satu daerah penghasil jagung. Tahun 2016, produksi jagung di daerah ini mencapai 58.321 ton. 

Tidak sulit untuk mendapatkan kuliner Binte di Luwu Utara. Di kota Masamba (ibukota kabupaten) banyak rumah makan yang menyediakan, dengan harga yang sangat terjangkau. Yakni dari harga Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,-.

Salah satu rumah makan yang menyediakan adalah milik ibu Syarifah atau akrab disapa mama' Farid. Rumah makan yang terletak di kelurahan Bone Kecamatan Masamba ini, menyediakan sensasi Menu Binte "hutan" sejak tahun 2011.

Nama binte hutan diberikan oleh warga dan pengunjung, karena letak rumah makan yang berada di lingkungan yang dikelilingi oleh puluhan pohon yang hijau nan asri, serta berada tak jauh dari sungai Masamba.

"Untuk membuat binte tidak sulit cukup menggunakan jagung manis, bawang, cabai rawit, ikan cakalang, merica dan bumbu lainnya" jelas Syarifah, Sabtu (1/4/2017).

Agar lebih nikmat dan lezat, kuliner ini dapat ditambahkan dengan kecap, jeruk nipis, dan juga sambal sesuai selera. 

Setiap hari rumah makan ini ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai kalangan. "Kuah khasnya dan tempatnya yang sejuk serta harga yang cukup murah, yang membuat saya ketagihan datang kesini" ucap salah satu pengunjung, Fitri.

Nah gimana tertarik untuk mencicipinya? Pastikan saat berkunjung ke Luwu Utara Anda wajib berburu kuliner ini. (ikp-kominfo)