Rabu, 17 October 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Batik Rongkong Khas Luwu Utara, Ini Makna Motifnya

Batik Rongkong Khas Luwu Utara, Ini Makna Motifnya Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengenakan batik Rongkong khas Luwu Utara (Foto; ist)

Masamba, ---- Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisional dengan cirinya sendiri.

Di Indonesia, ada begitu banyak motif batik yang tersebar di berbagai daerah di tanah air. Dan masing-masing memiliki makna yang berbeda.

Kebanyakan masyarakat beranggapan hanya daerah-daerah di wilayah pulau Jawa saja yang memiliki batik khas. Ternyata tidak begitu, banyak daerah-daerah lain di Indonesia yang juga memiliki jenis batiknya sendiri. Salah satunya adalah batik Rongkong, khas Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Baru dengar ada batik khas Luwu Utara? Ya, pamor batik khas Luwu Utara ini memang tidak begitu terkenal jika dibandingkan dengan batik-batik asal Pekalongan dan Solo. Tapi belakangan ini, batik Rongkong khas Luwu Utara sudah mulai banyak ditaksir oleh pembeli dari dalam bahkan dari luar negeri, lho !

Salah satu penenun batik Rongkong, Bunga Manasa, saat ditemui di lokasi tenunannya, Dusun Salurante Kecamatan Rongkong, Luwu Utara, Rabu kemarin ( 1/2), menjelaskan bahwa motif batik Rongkong terinspirasi dari filosofi kehidupan warga Luwu Utara, yakni "sekong sirenden sipomandi".

"Maknanya saling memupuk dan menjaga kebersamaan serta bergandengan tangan dalam mengarungi bahtera kehidupan," jelasnya.

Motif tersebut, kata dia, dipadukan dengan motif tulisan lontara yang merupakan bentuk tulisan khas tana Luwu.

Batik khas Luwu Utara ini merupakan sebuah budaya asli Indonesia yang harus dijaga kelestariannya, supaya tidak dicap dan diakui oleh bangsa lain. Jika bukan kita yang melindungi kebudayaan bangsa, lalu siapa lagi? (ikp)