Jumat, 15 December 2017
  • (0473) 21001
  • info@luwuutarakab.go.id

Bupati Luwu Utara: Jangan Diskriminasi ODHA

Bupati Luwu Utara: Jangan Diskriminasi ODHA Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

MASAMBA, --- Setiap individu manusia memilik hak yang sama untuk menjalani kehidupan di dunia. Termasuk para penderita penyakit HIV/AIDS atau ODHA.

Berangkat dari hal tersebut, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat  dihubungi, (1/12), meminta masyarakat dengan kesadaran dan keikhlasan, tidak berlaku diskriminatif terhadap penderita HIV/AIDS. "Jangan anti terhadap mereka, kita perlu menjauhi penyakitnya bukan kepada orangnya" pintanya.

Kepada para penderita, Bupati juga meminta untuk terus menjalani kehidupan dan beraktivitas secara normal bahkan dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS. "Cukup banyak ODHA yg aktif dalam kegiatan advokasi" katanya.

Penderita Penyakit HIV/AIDS laksana gunung es, yakni puncaknya saja yang terlihat, namun boleh jadi masih ada penderita yang belum mempunyai kesadaran dan malu untuk memeriksakan penyakitnya kepada tenaga medis.

"Perlu pendekatan kuratif dan preventif, karena itu pemeriksaan sejak dini menjadi penting, terutama bagi yg merasa punya potensi terjangkit" ucap Bupati.

Sebelumnya Bupati Indah juga mengajak para ASN Pemkab Lutra   untuk mengambil peran dalam mensosialisasikan dampak dari HIV/AIDS.

Di Kabupaten Luwu Utara, sepanjang tahun 2011 sampai 2016 ada 162 warga Luwu Utara yang teridentifikasi HIV/AIDS, namun hanya tiga yang positif.(IKP/Kominfo)