Rabu, 17 October 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

HPS Pertama di Luwu Utara, Bupati Indah; Petani adalah Pahlawan Sesungguhnya

HPS Pertama di Luwu Utara, Bupati Indah; Petani adalah Pahlawan Sesungguhnya Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (kanan) saat bercengkrama dengan salah satu petani pada kegiatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Kabupaten Luwu Utara

Luwu Utara, -- Pangan adalah urusan hidup matinya sebuah Bangsa. Demikian kutipan Bung Karno yang disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani pada momentum Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Kabupaten Luwu Utara yang berlangsung di Halaman Rumah Jabatan  Bupati Luwu Utara, Jumat-Sabtu (12-13/10).

HPS yang digelar Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Luwu Utara ini sangat diapresiasi oleh Bupati Indah sebab menjadi satu dari banyak hal yang bisa dilakukan  tanpa menggunakan APBD, tapi melibatkan pemangku kepentingan, seperti privat-public partnership.

"Apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sebab selain tidak menggunakan APBD juga ada beberapa kegiatan yang bisa direplikasi," kata Indah.

Bupati Indah yang juga Dewan Ketahanan Pangan ini juga memaparkan ada 4 pilar ketahanan pangan yakni ketersediaan pangan, aksesibilitas, distribusi dan pola konsumsi (keamanan pangan).

"Kita juga harus memahami bahwa ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi Negara hingga perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, terjangkau, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif, secara berkelanjutan.  Kita berharap ketersediaan pangan dapat terus terpenuhi juga harus bangga sebagai penghasil pangan dan pahlawan sesungguhnya adalah petani," paparnya.

Sementara Kepala DKP Luwu Utara, Armiady Rasyid menuturkan kegiatan HPS ini merupakan momentum evaluasi situasi ketahanan pangan daerah dan peningkatan kepedulian semua pemangku kepentingan terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi secara berkelanjutan.

"Sekaligus memanfaatkan HPS sebagai momentum promosi produk pangan lokal serta untuk mengapresiasi pihak-pihak yang berkontribusi luar biasa dalam upaya pembangunan di bidang ketahanan pangan," tuturnya.

Untuk diketahui pada HPS tersebut, Bupati Indah juga menyerahkan  penghargaan adikaria pangan.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara Abdul Mahfud, Wakapolres Luwu Utara Amir Majid, para Staf Ahli Bupati, para Asisten dan Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Luwu Utara, Perhiptani, juga Kepala BPP se Kabupaten Luwu Utara.(Rn/Kominfo)