Rabu, 17 October 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Peletakan Batu Pertama oleh Bupati, Satu Lagi Pabrik Kelapa Sawit Dibangun di Luwu Utara

Peletakan Batu Pertama oleh Bupati, Satu Lagi Pabrik Kelapa Sawit Dibangun di Luwu Utara Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan PKS PT. Kasmar Matano Persada

Luwu Utara, -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Kasmar Matano Persada yang berlokasi di Desa Radda Kecamatan Baebunta, Senin (8/10).

Seperti diketahui, Luwu Utara merupakan salah satu kabupaten yang memiliki lahan perkebunan sawit cukup luas.

"Luas lahan perkebunan kepala sawit di Luwu Utara 18.833,55 Ha dan dari hasil perhitungan kita dengan luasan yang cukup banyak dan produksi dan produktivitas yang juga cukup banyak maka dimungkinkan membangun 3 pabrik di Lutra," kata Indah.

Menurut Indah, cukup banyak investor yang ingin membangun PKS hanya saja Pemerintah Daerah harus selektif dengan kalkulasi yang baik sehingga tidak hanya baik dalam hal perijinan tapi juga baik dalam hasil.

"Kita patut berbangga karena Luwu Utara merupakan satu dari dua Kabupaten di Sulsel yang mendapat program peremajaan. 2018 mendapat alokasi 1935 Ha dan data yang sudah dimasukkan 1683 Ha. Saat ini PKS yang sudah beroperasi adalah PKS Jas Mulia, disusul yang baru akan dibangun ini PKS Kasmar Matano Persada, dan juga akan dibangun PKS Surya Sawit Sejahtera di Kecamatan Tanalili," paparnya.

Ia juga meminta kepada PT. Kasmar Matano Persada agar di dalam prosesnya dapat memberdayakan tenaga kerja lokal.

"Memperhatikan dan memberdayakan masyarakat setempat kecuali tenaga teknis yang tidak ada di Luwu Utara. Juga mengolah TBS kita dengan baik demi meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) karena pada akhirnya PAD juga akan kembali ke masyarakat," tuturnya.

Sementara Direktur PT. Kasmar Matano Persada, Harum Subair mengapresiasi dan menuturkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memberikan perhatian besar khususnya dalam hal perijinan.

"Mohon doa juga dari petani sawit untuk kelancaran pembangunan yang kita target rampung akhir 2019," ucap Harum.

Turut hadir Sekda Luwu Utara, Pimpinan Bank BNI, juga pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Luwu Utara. (Rn/Kominfo)