Rabu, 19 September 2018
  • (0473) 21001
  • Jl. Simpurusiang Masamba N0. 27

Tak Harus Maju ke Medan Perang, Bela Negara Kewajiban Tiap Warga

Tak Harus Maju ke Medan Perang, Bela Negara Kewajiban Tiap Warga Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat memberikan arahan pada Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara

Luwu Utara, -- Seandainya saya harus dilahirkan 1000 kali di dunia ini, saya tetap meminta dilahirkan sebagai warga Negara Indonesia. Demikian dilontarkan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani pada kegiatan Sosialisasi Bela Negara yang digelar Badan Kesbangpol Luwu Utara, Kamis (13/9) di Aula Kantor Desa Mario Kecamatan Baebunta.

Menurut Bupati perempuan pertama di Sulsel ini, satu bagian penting dalam sistem ketahanan Negara adalah rasa cinta pada tanah air.

"Konsep bela Negara masih sangat relevan saat ini selama konstitusi Negara kita masih berlaku yakni UUD 1945. Bela Negara tidak mesti konvensional seperti angkat senjata, tombak, bambu runcing dan sebagainya tetapi juga bagaimana bisa menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air di segala bidang yang dijiwai dan didasari pada kecintaan kepada NKRI," paparnya.

Pada sosialisasi yang diikuti oleh 50 peserta itu, Indah menegaskan bela Negara adalah sebuah konsep patriotisme dan menjadi kewajiban seluruh warga untuk mengambil bagian  dalam semua hal termasuk melaksanakan peran dan fungsi masing-masing.

Sementara Kaban Kesbangpol Luwu Utara, Enyon menuturkan peserta yang hadir berkisar 50 orang tersebut merupakan pilihan masing-masing desa yang dianggap mampu dan cakap dalam menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat di desa masing-masing.

"Juga mampu menjaga dan menciptakan situasi kantibmas dan senantiasa menjaga dan membina kerukunan hidup masyarakat," singkatnya. (Rn/Kominfo)